Thursday, May 1, 2008

TIPS Kalahkan HRD

Siapa sih yang tidak mau klo saat kita interview langsung di terima tanpa ada hamabatan . Hmm.... Siapa yang sudah pernah interview? Ya saya yakin semua orang (hampir)pernah mengalaminya. Karena saya yakin kita pernah masuk kedalam "lembah" Job Seeker. Nah mungkin ini akan bermanfaat untuk Anda para Job Seeker. Ini berkaitan pertanyaan yang seringdi tanyakan oleh HRD


1. Kenapa Anda ingin bergabung dengan perusaahan kami?
Ya Pertanyaan ini akan sering bahkan pasti ditanyakan oleh HRD. Karena dari sini sang HRD atau perusahaan akan mengtahui tujuan kita melamar di perushaan. Dalam kesempatan ini jangan sampai Anda katakan "Saya Ingin Mendapatkan Tantangan" Hati hati karena ini bisa menjadikan presepsi yang salah. Ini bisa di artikan sebagai TIDAK adanya misi dan visi untuk membantu perusahaan ini.
2. Ceritakanlah tentang diri Anda
KEnapa ya HRD menanyakan hal ini? apakah hanya sebuah iseng saja. Oh ngga pastinya. Ini digunakan untuk mengetahui begaimana cara Anda berinteraksi dan ingin mengorek tentang diri Anda. Nah ini jangan sampai Anda berbohong, dan sampaikanlah apa adanya. Namun jika ada pertanyaan yang cukup menyudutkan Anda. Nah itu anda harus hati-hati. Ingat HRD dpt membaca apa yang ada dalam pikiran Anda melalui kontak mata. Nah tapi jangan sampai Anda tidak melihat mata sanbg HRD, karenai ini Anda tidak sopan kepadanya.
3. Posisi Apa Yang Anda Cari ?
Ya kadang bingung juga kita di tanya seperti itu, bukahkah itu sudah jelas.Di surat lamaran juga tercamtumkan dalam surat lamaran kita. Tapi ini bisa jadi sebuah strategi sang HRD untuk mengetahui visi Anda. sejauh mana impian Anda, dan kesiapan Anda dalam menghadapi perkerjaan yang nanti akan diserahkan kepada Anda. Mungkin kita harus hati-hati jangan sampai mengatakan ingin mendapatkan tantangan. Nah ini bisa berbahaya! Lho kenapa? Karena ini akan semakin menunjukkan bahwa Anda tidak memiliki tujuan yang jelas.
4. APa kelebihan dan Kekurangan ANda ?
Ya, ini akan ditanyakan. ini menunjukkan kejuruan Anda. so katakan dengna jujur apa adanya. namun jika ada hal yang bisa menjatuhkan dalam dalam hal kelemahan misalnya "saya ini pelupa" Nah langsung saja ANda katakan langkah prebentif yang Anda lakukan untuk meminimalisir kekurangan tersebut.

OK mungkin itu dulu, semoga bermanfaat.

No comments: